Senin, 07 Januari 2013

SAIL MOROTAI


Kapal Pemuda Nusantara 2012 (Sail Morotai)

Alhamdulillah setelah ikut 2 kali seleksi, akhirnya dapat kesempatan menjadi perwakilan Aceh di Program Kapal Pemuda Nusantara 2012. Kapal Pemuda Nusantara atau yang dikenal dengan KPN merupakan kegiatan kepemudaan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga pada tanggal 27 Agustus sampai 24 September 2012. Kegiatan ini diikuti perwakilan pemuda dari tiap provinsi yang ada di Indonesia. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini dari berbagai provinsi sekitar 6 orang, itu artinya ada kurang lebih 198 peserta, kegiatan ini juga digabung dengan Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari dan artinya ada banyak pemuda-pemudi di dalam satu kapal.
Jujur saja selain bisa bertemu dengan pemuda-pemudi seluruh Indonesia, yang menjadi daya tarik program KPN tahun ini adalah rute yang ditawarkan ke Indonesia bagian timur. Berikut rute yang akan dilalui KPN 2012, Jakarta – Ambon – Sorong – Raja Ampat – Morotai – Ternate – Makasar – Jakarta.
Raja Ampat! wow! jadi ga sabaran berlayar, karena akhir-akhir ini tempat Raja Ampat jadi omongan banyak orang sebagai destinasi tujuan wisata.
Raja Ampat, Siapa coba yang ga mau kesini?
Selain itu yang jadi tujuan utama KPN 2012 adalah Morotai karena sekaligus mengikuti program Sail Morotai 2012. Morotai sendiri merupakan salah satu pulau bagian dari Maluku Utara dan juga salah satu pulau paling utara Indonesia.
Morotai, Cantik ya
Dan yang ga kalah menarik program ini akan ditutup langsung dengan Pak Presiden Susilo Bambang Yudoyono, dan para menterinya, siapa yang mau nolak coba?
Hormat Pak
Sesuai dengan programnya Kapal Pemuda Nusantara, peserta akan berada di kapal menuju tempat-tempat yang akan dikunjungi, menurut informasi yang kudapat, kapal yang akan membawa kami selama perjalanan adalah KRI Surabaya. KRI Surabaya (591) sendiri adalah sebuah kapal LPD buatan Daesun Shipbuildings & Engineering Co. LtdKorea Selatan. Kapal ini merupakan kapal ketiga dari kapal-kapal yang dibangun di Korsel dan dirancang sebagai kapal perang LPD Commando. Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam, resmi bertugas sejak tahun 2007. LPD ini merupakan satu kelas dengan KRI MAKASSAR (590), KRI BANJARMASIN (592) dan KRI BANDA ACEH (593)

Secara teknis, KRI Surabaya mempunyai bobot penuh 11 ton lebih. Dengan panjang 122 meter, KRI ini mampu menampung 2 kapal pendarat (LCVP), 3 helikopter serta sekitar 40an Kendaraan tempur. selain itu, sesuai fungsinya sebagai kapal angkut, KRI SBY mampu menampung lebih dari 500 pasukan. Sebagai Kapal Angkut, fasilitas di kapal ini sungguh memadai. selain sarana navigasi dan elektronik, penumpang kapal cukup dimanjakan dengan berbagai fasilitas. untuk mandi, terdapat shower dengan air hangat yang terus mengalir dan ini juga berlaku di kamar mandi prajurit. Sementara lounge perwira-nya lebih mirip ballroom di hotel-hotel, jadi, kayaknya bakal menyenangkan selama berlayar ni.

KRI Surabaya, sekali berlayar tetap berlayar
Jadi ga sabaran nunggu tanggal 27 Agustus, sekarang saatnya nyiapin barang-barang yang akan dibawa selama perjalanan. Tunggu cerita selanjutnya ya.....Morotai, kami datang!!

1 komentar: